Cara Nyaman Berkendara Mobil Dengan Memperhatikan Alas Kaki

By | April 3, 2020

Salah satu faktor berkendara mobil dengan aman adalah kita harus mengendarainya secara nyaman. Sehingga, dengan kondisi nyaman tersebut, mampu memberikan Anda perasaan yang tenang dan tanpa adanya hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi Anda ketika sedang berkendara.

Selain itu, pada dasarnya keamanan dan keselamatan adalah hal utama yang perlu Anda prioritaskan saat berkendara. Bagaimanapun, ketika Anda sedang berada di perjalanan, entah itu sedang dalam pekerjaan ataupun sedang menuju pulang, keluarga Anda tengah menanti Anda di rumah. Maka dari itu, pastikan agar selalu berkendara dengan tenang, nyaman agar tetap aman.

Cara Aman Sebelum Berkendara

Nah, lantas apa saja yang perlu diperhatikan agar dapat berkendara dengan aman:

  1. Melakukan Service Pada Kendaraan Secara Berkala

Dengan melakukan service secara berkala, setidaknya Anda telah melakukan pencegahan terhadap mal fungsi pada berbagai komponen yang ada pada kendaraan mobil yang Anda miliki. Selain itu dengan melakukan hal tersebut juga, maka mobil Anda dapat bekerja dengan baik dan menghantarkan Anda ke tempat tujuan tanpa mengalami berbagai kesulitan.

  1. Kontrol Emosi

Selama berkendara mobil juga, Anda perlu mengontrol emosi dengan baik. Terkadang ketika sedang macet, hampir kebanyakan orang menjadi tidak sabaran dan mengendarai kendaraan mobil mereka secara emosional. Karena pada dasarnya, hal tersebut hampir dapat membuat sebagian yang mengalaminya kehilangan kesabaran.

  1. Berkendara Pada Kecepatan Yang Aman

Anda juga perlu memperhatikan kecepatan kendaraan yang sedang Anda bawa. Pasalnya, mengendarai mobil secara kebut-kebutan juga kurang baik dan tidak aman untuk dilakukan. Akan lebih baik bila berkendara dengan kecepatan yang aman.

  1. Hindari Penggunaan Gadget Selama Berkendara

Salah satu faktor terjadinya kecelakaan pada saat berkendara adalah penggunaan gadget ketika sedang mengemudi. Tentu saja hal ini dilarang keras, karena hal ini tentu dapat mengganggu fokus pengendara. Selain itu juga, karena hal ini juga dapat menyebabkan kecelakaan yang bahkan dapat menimbulkan korbannya kehilangan nyawa.

  1. Aturi Peraturan Lalu Lintas

Kemudian, agar tetap aman selama berkendara mobil di jalan maka para pengemudinya perlu menaati peraturan lalu lintas yang berlaku. Hindari menerobos lampu merah maupun palang pintu kereta api, karena tentu saja dampak yang dapat ditimbulkan dapat mencelakakan mereka yang lalai terhadap hal tersebut.

Selain itu juga, keamanan saat berkendara tercipta saat pengemudi mengendarai kendaraan mobil mereka dengan nyaman. Nah, untuk menciptakan rasa nyaman ketika mengemudi ternyata tidak hanya bergantung pada kendaraan yang mereka kemudikan saja. Melainkan juga ada beberapa hal yang banyak para pengemudi tidak perhatikan tentang hal ini.

Bahaya Akibat Salah Menggunakan Alas Kaki

Salah satu faktornya adalah tentang kebutuhan khusus memperhatikan alas kaki yang mereka kenakan saat mengemudi. Tentunya, hal ini dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan seorang pengemudi ketika berkendara di jalan. Berkemudi dengan posisi alas kaki yang tidak tepat pun ternyata dapat memberikan rasa kurang nyaman dan pengalaman yang buruk saat berkendara.

Maka dari itu, berikut ini beberapa risiko mengemudi dengan alas kaki yang kurang tepat:

  1. Risiko Cidera Kaki Bila Terjadi Kecelakaan

Salah satu risiko berkendara mobil tanpa menggunakan alas kaki adalah dapat membuat kaki Anda cidera. Apalagi bila terjadi kecelakaan, tentu saja hal tersebut dapat melukai kaki Anda karena dapat terbentur pada berbagai komponen mobil Anda.

  1. Kaki Mudah Lelah Dan Keram

Ternyata mengabaikan sisi kenyamanan saat menyetir mobil tanpa alas kaki yang tepat dapat mengakibatkan kaki menjadi mudah lelah dan terkadang keram. Tentunya pada kondisi tertentu ketika Anda sedang berkendara, hal ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan di tengah perjalanan.

  1. Kaki Berkeringat

Kaki yang berkeringat juga merupakan salah satu faktor akibat mengabaikan cara menyetir kendaraan mobil dengan aman dan nyaman. Ketika kaki berkeringat pun tentunya hal ini dapat mengakibatkan kesalahan saat melakukan pengereman maupun pergantian persneling gigi.

  1. Timbul Kapalan Pada Kulit Telapak Kaki

Selain itu, berkendara dengan mengabaikan cara mengemudi yang aman dan nyaman dapat mengakibatkan timbul beberapa keluhan pada telapak kaki Anda. Seperti kapalan dan juga mata ikan, hal tersebut tentu sangat mengganggu kenyamanan dan membuat Anda susah ketika menginjak pedal gas, kopling maupun rem.

Cara Berkendara Nyaman Dengan Alas Kaki Yang Tepat

Maka dari itu, agar dapat menikmati pengalaman berkendara dengan aman dan nyaman, berikut adalah beberapa pilihan alas kaki yang tepat yang perlu Anda perhatikan:

  1. Berkendara dengan posisi kaki yang nyaman dan juga rileks
  2. Berkendara dengan menggunakan alas kaki dengan sol yang tidak terlalu tebal maupun terlalu tipis
  3. Jangan berkendara mobil dengan menggunakan sepatu hak tinggi
  4. Jangan menggunakan sendal jepit yang terbuat dari karet

Penulis : Aljuni Hirossie

Share Button