Begini Caranya Agar Mobil Matic Irit Bahan Bakar

By | April 9, 2020

agi Anda yang menggunakan mobil matic, coba Anda perhitungkan ulang berapa biaya rata-rata pengisian bahan bakar yang Anda lakukan setiap bulan? Apalagi khususnya bagi mereka yang berkendara kendaraan tersebut di beberapa kota dengan lalu lintas yang padat. Tentunya setelah mengetahui hal tersebut, anggapan yang Anda miliki tentang biaya pengisian BBM pada mobil matic lebih boros dibandingkan dengan mobil manual.

Mengapa Konsumsi Mobil Matic Lebih Boros?

Hal ini dikarenakan pada mobil matic memiliki komponen mesin yang disebut sebagai Torque Converter. Komponen mesin tersebut berfungsi untung mengubah torsi untuk menghasilkan sebuah tenaga gerak pada roda sebuah mobil matic. Sehingga, ketika starting awal untuk menggerakkan kedua roda, pada mobil matic perlu menghasilkan rpm yang lebih tinggi. Dengan kata lain maka bahan bakar yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil dari kondisi diam, lebih tinggi dibandingkan pada kendaraan mobil manual.

Sehingga, ketika seseorang mengendarai mobil matic di saat kondisi lalu lintas yang padat dan macet, maka mengharuskan para pengendaranya sering kali untuk mengerem dan menghentikan mobilnya. Hal ini tentu menjadi salah satu alasan mengapa berkendara dengan mobil matic di saat macet dapat membuang konsumsi BBM yang lebih tinggi.

Namun, bila mempertimbangkan hal-hal lainnya, tetap saja mobil matic jauh lebih nyaman dan mudah untuk dioperasikan dibandingkan dengan mobil yang memiliki mesin transmisi manual. Hingga kini bahkan menurut beberapa data yang ada, mobil matic bahkan lebih populer di kalangan konsumen. Bahkan, seiring berkembangnya waktu dan juga teknologi, kini produsen mobil matic mampu menawarkan berbagai spesifikasi yang sangat menarik untuk dinikmati.

Cara Agar Mobil Matic Hemat BBM

Nah, meskipun demikian akan tetapi kamu tidak perlu khawatir bila hendak membeli mobil matic idaman kamu. Karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar mobil matic yang hendak kamu beli memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Simak ulasannya berikut ini:

  1. Memperhatikan RPM

Untuk mengirit bahan bakar pada kendaraan mobil matic yang kamu miliki, salah satu caranya adalah dengan mengatur putaran mesin atau rpm pada mobil kamu. Menurut beberapa sumber informasi, agar menghasilkan konsumsi bahan bakar yang jauh lebih efisien. Dengan cara tersebut, maka kamu dapat mengurangi jumlah konsumsi bahan bakar tersebut dan membuat pengeluaran lebih irit.

  1. Mematikan Mobil Saat Berhenti Dalam Waktu Yang Lama

Ketika mobil kamu sedang berhenti dalam waktu yang agak lama, akan lebih baik jika kamu mematikan mesin mobil terlebih dahulu. Karena hal tersebut dapat meminimalisir konsumsi penggunaan bahan bakar di saat kendaraan tidak sedang beroperasi. Karena pada dasarnya, ketika kamu berhenti dan membiarkan mesin mobil tetap menyala maka secara tidak langsung kamu membuat bahan bakar secara percuma tanpa adanya manfaat.

  1. Hindari Berkendara Secara Agresif

Ketika sedang berkendara, kamu juga perlu mengendarai mobil matic kamu dengan tenang dan jangan terlalu bernafsu. Nah, hal ini dikarenakan berkendara secara agresif dan ugal-ugalan tidak hanya akan menjadikan mobil Anda lebih boros bahan bakar, akan tetapi hal tersebut juga dapat membahayakan diri Anda. Oleh karena itu, berkendara dengan tenang dan santai, tentunya dapat menghemat konsumsi bahan bakar saat kamu sedang berkendara dengan menggunakan mobil matic.

  1. Meminimalisir Penggunaan AC

Penggunaan fasilitas AC yang berlebihan saat mengendarai mobil atau saat sedang berhenti, ternyata dapat menjadi penyebab pemborosan konsumsi bahan bakar mobil. Nah, hal yang perlu kamu ketahui tentang mesin pendingin ruangan tersebut, ternyata dioperasikan menggunakan bahan bakar pada mobil matic tersebut. Sehingga, dengan meminimalisir penggunaan AC agar tidak berlebihan, terbukti mampu mengurangi biaya konsumsi bahan bakar.

  1. Injak Gas Secara Stabil

Berharap agar bahan bakar di mobil matic kamu agar irit juga dapat dipengaruhi dari kebiasaan kamu menginjak pedal gas. Coba saja ingat-ingat, ketika kamu sedang berkendara dengan menggunakan mobil matic, lantaran sangat simpel dan praktis kamu mungkin sering kali menginjak pedal gas dengan tidak stabil. Hal ini tentu berpengaruh, karena ketika menginjak gas secara tidak stabil akan membuat mesin lebih banyak mengonsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

Share Button